Human Resource

Image result for human resources




Halo foo-readers!

Nah setelah udah tau langkah dan syarat-syarat mendirikan perusahaan, kali ini aku akan bahas mengenai sumber daya manusia.


Dalam suatu perusahaan, sumber daya manusia tentunya merupakan satu aspek yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Oleh karena itu, menyusun suatu organisasi atau tim sangatlah penting. Pertama-tama, perlu menentukan pemimpin yang terbaik. Dalam menentukan pemimpin, terdapat beberapa hal yang sangat berpengaruh dan perlu diperhatikan:
1. Ilmu komunikasi: seorang pemimpin yang baik, wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Seorang pemimpin kelompok tunanetra pun harus tetap bisa berkomunikasi sebaik mungkin dengan anggotanya menggunakan bahasa isyarat.
2. Integritas: seorang pemimpin yang baik juga sangat membutuhkan integritas yang tinggi. Integritas tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti profesionalitas, disiplin, jujur, kesetiaan, tanggung jawab, dan sebagainya. Intergritas seseorang tidak dapat muncul secara tiba-tiba, melainkan haru dipupuk sejak kecil karena integritas seseorang sangat dipengaruhi oleh pengalaman, lingkungan, teman-teman, dan keluarga.
3. Harta: seorang pemimpin selayaknya dapat memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri (harus berkecukupan) karena semakin tinggi jabatan seseorang, semakin besar pula tanggung jawab yang diberikan. Seorang pemimpin yang belum bisa mencukup kebutuhannya sendiri akan cenderung menyalahgunakan fasilitas perusahaan untuk kepentingan diri sendiri. Fasilitas yang diberikan perusahaan HARUS SELALU digunakan untuk kepentingan perusahaan juga.
4. Keturunan: tidak dapat dipungkiri, keturunan atau latar belakang keluarga juga berpengaruh ke dalam dunia kerja. Sebagai contoh yang paling sederhana, kita semua yang bukan merupakan keturunan Sultan Yogyakarta selamanya tidak akan pernah bisa menjadi seorang Sultan. 

Dalam dunia kerja, setiap pekerja tentu harus memberikan kinerjanya yang terbaik pula. Besarnya persaingan mendorong setiap orang bekerja sebaik mungkin. Dalam perusahaan, sering sekali digunakan istilah promosi dan denosi. Promosi adalah perubahan posisi seseorang dari kedudukan tertentu ke kedudukan lain yang setara atau lebih tinggi. Sedangkan denosi adalah kebalikan dari promosi, yakni perubahan posisi seseorang dari kedudukan tertentu ke kedudukan lain yang setara atau lebih rendah. 

Comments

Popular posts from this blog

Assimilation in Food Culture

History of KALEDO