Food Management: Introduction

Image result for food management

Halo, foo-readers!

Sebagai pembukaan dari semua post-post yang akan aku post nantinya, kali ini aku akan bahas sedikit nih mengenai Manajemen Pangan. Kata itu pasti udah ga asing ya didengar, tapi sebenarnya apa sih manajemen pangan?

Sebelumnya kita perlu kaji dulu arti dari masing-masing kata. 

Manajemen sendiri adalah suatu upaya pemanfaatan segala sumber daya dan aset yang ada untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Nah, jadi manajemen pangan adalah kegiatan manajemen yang dilakukan dalam bidang pangan. Manajemen pangan mencakup seluruh rangkaian proses yang berkaitan dengan pangan, mulai dari perencanaan hingga hasil akhir yang ingin kita capai.
Oleh karena itu, manajemen dalam industri pangan ini bisa bermacam-macam, seperti manajemen mutu dan keamanan pangan, manajemen mutu produk pangan, manajemen produksi, dan lain-lain.

Pada umumnya, fungsi manajemen yang paling mendasar yaitu meliputi:

- perencanaan
- pengorganisasian
- penempatan sumber daya manusia (SDM)
- pemberian motivasi 
- pengawasan 


Jadi, ilmu manajemen sangatlah penting dan kita semua perlu mempelajari serta menerapkannya karena manusia harus melakukan pekerjaannya dengan efisien dan efektif, agar diperoleh hasil yang sebaik mungkin.

Selain itu, dalam Supply Chain Management ada dua cara bagaimana sebuah produk dapat sampai ke tangan customer atau pembelinya.
1. Market Pull : produk baru yang akan dikembangkan sudah memiliki pasar yang luas. Jenis produk baru ditentukan melalui analisis pasar dan kebutuhan pelanggan. Biasanya pada tipe ini, sumber daya yang dibutuhkan kurang memadai dan membutuhkan adanya subtitusi.
2. Technology Push : produk baru yang akan dikembangkan diperoleh dari penggunaan teknologi yang canggih dengan sumber daya berlimpah namun belum memiliki posisinya di pasar/ belum dikenal sehingga perlu didorong untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat akan produk tersebut.

Kira-kira ini lah penjelasan singkat dan sederhana mengenai manajemen industri pangan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di konten selanjutnya! :)

CHEERS!

- V

Comments

Popular posts from this blog

Human Resource

Assimilation in Food Culture

History of KALEDO