Running a New Business: How To

Image result for street food business

Halo, foo-readers!

Kali ini aku mau sharing sedikit nih tentang mendirikan suatu bisnis baru. 
Pertama-tama, untuk mendirikan suatu usaha, hal yang paling penting adalah menentukan tujuan serta visi dan  misi perusahaan. Hal ini penting sekali untuk menuntun kita di tahap-tahap selanjutnya supaya kita lebih terarah. Tanpa tujuan yang jelas, suatu perusahaan tidak akan dapat berdiri dengan kuat atau bahkan tidak dapat berdiri sama sekali.

Selain itu, tujuan yang kita buat harus sesuai dengan regulasi dan peraturan di negara/lokasi kita mendirikan usaha itu. Setiap daerah memiliki peraturan yang berbeda-beda. Jenis usaha yang kita dirikan juga perlu diperhatikan karena berpengaruh pada regulasi yang berlaku. 
Dalam mendirikan usaha di bidang pangan, kita dapat menjalankannya dalam skala yang paling kecil/rumah tangga (PIRT) hingga skala yang lebih besar seperti CV maupun PT. Setiap jenis usaha memiliki regulasi yang berbeda pula. Untuk penjelasan mengenai peraturan pendirian perusahaan yang lebih detil akan aku post di postingan terpisah selanjutnya ya! :)

Setelah menentukan tujuan dan melaksakan tugas-tugas sesuai peraturan yang berlaku, baru kita perlu memperhatikan unsur-unsur produksi lainnya. Unsur-unsur tersebut mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses produksi, seperti teknologi, sumber daya manusia, modal, bahan baku, pasar, dan masih banyak lagi tergantung jenis usaha yang dijalankan.

Setelah seluruh syarat tersebut sudah terpenuhi, langkah penting selanjutnya yang perlu dilakukan adalah survei. kita harus melakukan riset pasar, seperti tingkat penerimaan konsumen terhadap produk kita, ketersediaan bahan baku, menentukan jenis usaha kita apakah termasuk market pull atau technology push, harga di pasaran, dan sebagainya.

Nah, dari seluruh rangkaian proses di atas baru kita dapat mulai menjalankan usaha kita dengan maksimal. 


CHEERS!

- V

Comments

Popular posts from this blog

Human Resource

Assimilation in Food Culture

History of KALEDO