Sosioeconomic in Food Diet

halo foo-readers!
seperti yang kita tahu, status sosioekonomi seseorang seringkali mempengaruhi pola dan pemilihan makanannya. 
Oleh karena itu, seringkali masyarakat dibagi ke dalam kelompok-kelompok status sosioekonomi yang berbeda, yakni SES rendah, menengah, dan atas. Setiap orang dalam kelompok yang berbeda umumnya memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda, khususnya dalam pemilihan makanan.

Mengapa?

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pola pemilihan makanan tersebut jika dikaitkan dengan status SES-nya.
1. Penghasilan. 
Related image
Penghasilan merupakan salah satu faktor yang paling memiliki pengaruh besar dalam pola hidup seseorang. Dalam pemilihan makanan, orang dengan status SES rendah lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan pangannya dengan pilihan yang terbatas. Sedangkan masyarakat dengan pendapatan yang tinggi memiliki pilihan makanan yang tak terbatas dan cenderung lebih picky dalam menentukan pilihannya. Contohnya, masyarakat dengan pendapatan rendah di Inggris sulit memperoleh sayuran yang sehat dan cenderung mengonsumsi makanan yang murah dan mengenyangkan (apa adanya), sedangkan masyarakat dengan pendapatan tinggi memilih untuk mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi walaupun mahal.

2. Pendidikan.
Orang dengan pendidikan yang lebih tinggi memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai gizi dan nutrisi dalam makanan. Hal ini menyebabkan dirinya menjadi lebih selektif dalam memilih makanan yang baik bagi tubuhnya. Sebaliknya, orang dengan pendidikan rendah tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal yang baik dan buruk bagi tubuh.

3. Agama.
Setiap agama memiliki ajaran yang berbeda. Beberapa agama memiliki larangan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Misal, orang beragama Islam dilarang mengonsumsi babi, orang beragama Hindu dilarang mengonsumsi daging sapi. Perbedaan ajaran ini menyebabkan perbedaan pola makan yang berbeda pula.

Hal-hal di atas merupakan beberapa contoh faktor yang mempengaruhi pola makan seseorang. Jika ingin dijabarkan satu-satu secara lengkap dan detil, sebenarnya masih banyak lagi faktor-faktor SES yang mempengaruhi pemilihan makanan. 



Comments

Popular posts from this blog

Human Resource

Assimilation in Food Culture

History of KALEDO