Food Culture: Local vs International

Related imageImage result for western food

Halo foo-readers!

Balik lagi nih, kali ini masih akan membahas seputar pengenalan budaya makanan.
Kalau sebelum-sebelumnya aku udah bahas pengertian umum dari budaya makanan, sekarang aku mau kasih tau perbedaan fokus pengaijan budaya makanan di Indonesia dengan negara lain.

Hm, apa sih maksudnya?

Jadi, seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, budaya makanan merupakan suatu topik yang sangat menarik untuk dikaji dan dipelajari. Banyak peneliti-peneliti yang melakukan penelitian berkaitan dengan ini, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Nah, walaupun demikian, penelitian dengan topik budaya makanan di Indonesia dan di luar negeri memiliki fokus yang agak berbeda.

Apa sih perbedaannya? 

Di Indonesia, fokus dari topik budaya makanan lebih mengacu pada  nilai-nilai budaya, sejarah, dan latar belakang dari makanan-makanan tertentu, biasanya makanan tradisional yang memiliki arti dan nilai khusus. Penelitian mengenai budaya makanan pada umumnya dilakukan untuk mendalami nilai-nilai budaya tersebut. 

Berbeda dengan di Indonesia, di luar negeri nilai-nilai budaya dari makanan bukan merupakan fokus utamanya. Pengkajian dan penelitian mengenai budaya makanan seringkali dilakukan dengan berfokus pada perilaku konsumen. Budaya makanan atau food culture yang dipelajari lebih meneliti perilaku, kebiasaan, gaya hidup masyarakat dalam mengonsumsi makanannya.

Comments

Popular posts from this blog

Human Resource

Assimilation in Food Culture

History of KALEDO